Minggu, 28 Juli 2013

Gambal-Gimbal-Gumbal-Gembal-Gombal

Ekspedisi Mencari Cewek Idaman”
Gagak Sandoro

Judul : Ekspedisi Mencari Cewek Idaman
Penulis : Dyah Ayu Kinanti, dkk.
Penerbit : DIVA Press
Tahun terbit : Juli 2012
Tebal: 219 Halaman

Tidak ada data yang jelas darimana asal muasal gombalan lahir hingga akhirnya menyebar di kalangan masyarakat. Namun, gombalan beberapa tahun terakhir dipopulerkan oleh seorang komedian pada salah satu acara di stasiun TV swasta, “Bapak kamu …?” merupakan gombalan  yang sering diungkapkan olehnya.

Ekspedisi Mencari Cewek Idaman merupakan sebuah kolase yang tidak saling berkaitan namun memiliki satu tema yang sama, yaitu; Gombal-lebay. Kumpulan cerpen ini hasil dari penjaringan lomba dengan tema yang sama oleh penerbit DIVA Press. Berisi lima belas cerpen yang menggelitik, berbahasa ringan, sudut pandang yang variatif yang ditulis dari berbagai kalangan.

Lima belas karya dari lima belas penulis baik baru memulai sampai penulis yang telah menyebarkan karya-karyanya ke pelbagai media. Mereka berkumpul, menyatukan sebuah karya untuk memberikan sisi lain tentang cerita cinta dengan gayanya sendiri.

'Ekspedisi Mencari Cewek Idaman' adalah cerita pembuka yang sekaligus sebagai judul kumpulan cerpen ini. Diceritakan perjuangan toying untuk menemukan tulang rusuknya yang lain. Mencari perempuan yang akan menjadi pacarnya. Menjadi pendampingnya dengan cara-caranya sendiri yang pantang untuk berhenti begitu saja.

Berlainan dengan cerita gombal lainnya, 'The Gombalnator' yang ditulis oleh Jacob Julian, pengarang yang tidak begitu asing lagi karena cerpen bergaya serupa kerapkali hadir di kumpulan cerpen ataupun media serta beberapa novelnya pun telah terbit dan tersebar di seluruh toko buku. 'The Gombalnator' menceritakan Joni seorang penggombal ulung yang ingin meluluhlantakan hati setiap cewek di SMA Bumi Pertiwi. Di akhir cerita pengarang mencoba memberikan shock ending, berikut petikannya dialognya, “Gue enggak suka sama cowok. Maaf, ya,” kata Astrid sambil berlalu. (Hal. 61)

Cerita lain juga tak kalah menarik sebut saja cerpen yang berjudul 'Paijo Si Pejuang Cinta' karya Nor Aini Rachmawati seorang mahasiswi fakultas ekonomi di Universitas Airlangga Surabaya yang tentu saja bertolak belakang dengan dunia kepenulisan. Pada opening cerita dia memberikan sebuah kejutan yang akan membuat anda untuk menyelesaikan hingga titik terakhir.

Keunikan karya fiksi memungkinan hal-hal yang tidak di luar logika. Bersifat liar dan tergantung bagaimana pengeksekusian dari pengarang sendiri untuk karyanya itu. Cerita yang dengan imajinasi liar dalam kumpulan cerpen ini terdapat pada judul 'Indonesia Menggombal' karangan dari @ksathriya. “Sebagai aktivis, si Kesatria Gombal ini dengan mudah menghimpuan massa. Tidak hanya ribuan mahasiswa. Ratusan pekerja kantoran, pegawai pemerintah, termasuk ibu-ibu tukang sayur juga ikut dalam demonstrasi gombal ini.” (hal. 172)

Membaca Ekspedisi Mencari Cewek Idaman akan memberikan sebuah pengertian, tidak perlu hal besar untuk membuat sesuatu yang luar biasa. Berawal dari tema 'Gombal-Lebay' kelima belas penulis dalam kumpulan cerpen ini akan membuat kita tertawa lepas dan terhibur.

Kumpulan cerpen ini juga sangat disarankan untuk para jombloan-jomblowati yang ingin mendekati pasangannya namun terlalu sulit untuk mengungkapnnya. Di dalam buku ini kita akan diberikan banyak rayuan gombal dan silakan anda pilih sendiri versi semacam apa yang cocok dan anda praktikan sendiri.


GS Juli 2013

3 komentar: