Jumat, 11 Mei 2012

RESENSI “PROF. BRONTOSAURUS”




Judul: Prof. Brontosaurus (hari-hari seorang dokter hewan)
Pengarang: Subronto
Penerbit: Leutika
Tanggal terbit: Februari 2010
Jumlah halaman: 144
ISBN/EAN: 978-602-8597-17-3

Berisi tentang catatan perjalanan menjadi seorang dokter hewan selama kurang lebih 40 tahun. Namun, walaupun buku ini termasuk jenis non fiksi, juga melebihkan beberapa kelebihan yang di tulis oleh dosen FKH Univ. Gajah mada, Prof. Subronto.
Dengan bahasa yang tidak bikin pembaca menjadi pusing. Disertai jumlah halaman yang tidak terlalu banyak, merupakan kelebihan utama agar pembaca tidak cepat jenuh maupun bosan membaca buku ini.
Perjalanan menjadi dokter hewan di kupas dengan sangat seru. Menangani penyakit yang di derita oleh hewan di tangani dengan gamblang di tambah dengan ciri-ciri, penyebab dan foto dukumen yang ditampilkan. Menjadi terlihat membaca note kecil untuk travel.
Penulis yang merupakan guru di FKH UGM ini juga menampilkan beberapa penemuan sederhana: penyembuhan pembengkakan dengan dada srep yang cocok digunakan untuk hewan dan manusia.
Yang dikupas selain itu, juga adanya pencatuman tingkatan jika ingin kuliah di luar negeri khususnya Amerika Serikat. Memang terlihat nyeleneh dengan pencatuman pada sub judul ini. Tapi ini bukan satu-satunya, masih ada riwayat rumput raja, pidatonya saat seminar dan riwayat tentang berdirinya rumah sakit hewan yang di letakkan di halaman-halaman akhir. Pencatuman seperti ini, membuat tidak sinkron antara sub judul awal dan akhir. Juga, membuat pembaca menjadi semakin garuk-garuk kepala untuk ini.
Tidak ada gading yang tidak retak. Itulah ungkapan yang pas untuk buku ini. Dan pembaca semua yang ingin belajar sedikit ilmu kedokteran hewan bisa dengan membaca buku ini. Walaupun banyak terdapat kata-kata asing tapi pembaca yang awam tidak perlu khawatir, buku ini juga di lengkapi dengan glosrium untuk memudahkan penafsiran pembaca.


0 komentar:

Posting Komentar